Branding yang efektif adalah sebuah solusi besar buat startup yang baru saja Anda rintis. Apa saja cara dan tips untuk melakukannya?
Brand Sebuah Startup
Sebuah startup yang baru saja Anda rintis pasti perlu melakukan branding dan promosi-promosi lainnya supaya orang-orang tahu tentang startup baru Anda. Membangun merek startup Anda sangatlah penting karena proses ini termasuk membangun basis startup Anda. Tapi, sebenarnya brand itu apa sih?
Pada dasarnya, brand adalah serangkaian ekspektasi, harapan dan kenyataan yang mendorong seorang pelanggan memilih suatu produk yang ingin dibeli. Oleh sebab itu, perlu ada pelayanan dan promosi yang baik sehingga kesan yang muncul dalam benak para pelanggan tentang startup Anda juga bisa bagus.
Tips Branding Buat Bisnis
Bagaimana cara supaya brand startup baru Anda bisa terbangun dengan baik ketika baru dirintis? Simak tipsnya di bawah ini!
Tegaskan identitas startup Anda
Sebagai sebuah startup baru, biasanya ada begitu banyak potensi dan tren yang bisa startup Anda ikuti supaya bisa menemukan pasar bisnis yang cocok. Tapi, terlalu banyak mencoba tren yang ada bisa membuat startup Anda tidak tahu arah bisnisnya.
Ternyata, memiliki identitas brand yang tegas bisa membuat brand Anda terkenal oleh orang lain dan memiliki identitas bisnis yang berbeda dari para pesaing.
Tentukan audiens Anda
Audiens yang mengikuti brand startup Anda adalah orang-orang yang berpotensi untuk menjadi pelanggan setia bisnis Anda dan akan selalu membeli produk-produk Anda.
Namun, Anda bisa mencari juga audiens baru yang mungkin tertarik dengan produk Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menyebarluaskan brand Anda kepada orang-orang ini.
Buat identitas brand yang berbeda
Tidak diragukan lagi bahwa pasar startup sekarang telah didominasi oleh begitu banyak pesaing, sehingga membangun identitas brand yang berbeda dan unik bisa menghabiskan waktu dan otak supaya berhasil.
Namun, membuat brand sebagai startup di bidang yang mungkin belum banyak dijelajahi bisnis lain bisa menjadi cara untuk membuat identitas yang unik.
Hubungkan strategi brand dengan pemasaran
Karena brand adalah sesuatu yang membekas di benak konsumen Anda, maka akan sangat bagus apabila brand startup Anda digabungkan dengan strategi pemasaran Anda.
Keduanya bisa saling memperkuat posisi satu sama lain dan bisa lebih efektif dalam menyebarluaskan kesadaran akan keberadaan merk startup Anda yang masih baru saja dirintis.
Dapatkan masukan objektif
Mempunyai ide brand yang unik memang bagus, tapi ada kalanya kita harus mendengar pendapat orang lain tentang brand kita. Mungkin saja menurut mereka ada yang bisa kita perbaiki dan perbagus dari brand ini.
Contohnya, perhatikan opini rekan bisnis dan konsumen Anda tentang brand yang masih baru ini, dan pelajari semua masukan penting dari pendapat mereka mengenai brand ini.
Kesimpulan
Merintis sebuah startup baru memang bukanlah proses yang langsung selesai. Supaya orang-orang bisa tahu dan percaya dengan kualitas startup baru Anda, Anda perlu melakukan branding yang efektif dan tepat sasaran. Selamat mencoba!