Kemampuan media sosial untuk memperlancar digital marketing sudah tidak diragukan lagi. Kenali strateginya yang efektif di sini untuk bisnis Anda!
Pemasaran Digital
Kecanggihan teknologi masa sekarang membuat berbagai jenis promosi seperti digital marketing (pemasaran dengan teknologi digital) bisa membuat sebuah bisnis menjadi semakin laku dan terkenal karena semakin luasnya cakupan promosi berkat teknologi ini.
Apalagi lewat media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya, sudah tidak terkira lagi keuntungan yang bisa didapat lewat mempromosikan bisnis Anda lewat media sosial. Tapi sama seperti cara-cara marketing lainnya, harus ada strategi marketing digital yang efektif dan efisien supaya pemasaran itu bisa berhasil.
Strategi Digital Marketing
Apa saja strategi pemasaran digital yang efektif lewat media sosial buat bisnis Anda? Mari kita lihat contoh-contohnya di bawah ini!
Buat strategi yang sesuai dengan bisnis Anda
Meski ada media sosial, Anda perlu memakainya sesuai dengan tujuan bisnis Anda supaya media sosial itu bisa bermanfaat dan menghasilkan hasil profit yang bisa dipertanggungjawabkan.
Supaya Anda terbantu, gunakan metrik seperti website clicks, likes, dan jumlah followers untuk mengukur sampai seberapa jauh tingkat engagement bisnis Anda dengan para konsumen.
Kenali pesaing Anda
Karena populer, media sosial pastinya juga digunakan oleh pesaing bisnis Anda. Tapi, Anda bisa melihat kalau ada kekurangan dalam promosi bisnis mereka lewat media sosial yang bisa Anda manfaatkan.
Dari situ, coba buat analisis pesaing yang bisa Anda jadikan rujukan untuk memperbaiki kekurangan promosi media sosial Anda dan memanfaatkan kekurangan di bisnis lain.
Pahami demografi konsumen Anda
Mengenali informasi soal demografi konsumen Anda seperti usia, tempat tinggal, pekerjaan, barang kesukaan, dan sebagainya adalah kunci utama untuk mengenali orang-orang yang membeli barang dari bisnis Anda.
Data-data ini bisa dipakai untuk mengenali siapa yang paling banyak membeli produk Anda dan mana yang berpotensi untuk dijadikan konsumen baru.
Ciptakan personalized experience
Customer experience bisa menjadi alasan kenapa para pelanggan betah untuk terus membeli dan memakai produk Anda. Bagaimana caranya supaya pengalaman mereka berkesan baik?
Dalam hal ini, Anda bisa memakai chatbot yang bisa menjawab begitu banyak pertanyaan yang diajukan oleh konsumen Anda dan mereka bisa mendapat info soal produk bisnis Anda dengan cepat dan informatif.
Perkaya konten media sosial
Memuat cerita testimoni para pelanggan yang puas, menggunakan gambar meme untuk menarik perhatian anak muda, dan mengunggah video di TikTok bisa membuat pelanggan Anda paham bahwa Anda melek tentang media sosial.
Konten yang bermacam-macam di media sosial Anda bisa membuat pelanggan terus tertarik untuk menjelajahi dan mengunjungi laman media sosial Anda sebelum melakukan pembelian.
Kesimpulan
Keuntungan yang bisa ditarik dari melakukan digital marketing sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat populernya media sosial untuk keperluan pemasaran semacam ini. Dengan strategi di atas, sekarang bisnis Anda bisa mencari cara supaya semakin laku lewat pemasaran yang efektif!