fbpx

Self Development Yang Harus Dimiliki Seorang Desainer Grafis

Profesi desain grafis semakin diminati di kalangan anak muda. Mari simak apa saja self development untuk menunjang karir di bidang ini.

Meningkatkan kualitas dan kemampuan diri merupakan investasi akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang, tak terkecuali bagi para desainer grafis. Desain grafis adalah profesi yang banyak dipilih oleh kalangan muda dikarenakan fleksibilitas, kreatifitas, dan elemen artistik nya. Banyaknya jumlah desainer grafis mengakibatkan kompetisi di bidang ini yang terus meningkat. Self development diperlukan untuk menjadi seorang desain grafis yang sukses dan kompeten. 

Beberapa skil yang perlu ditingkatkan untuk menunjang karir di bidang ini:

Skill Komunikasi

Meskipun seorang desainer memiliki skill desain yang bagus, hal itu tidak akan lengkap jika ia tidak memiliki kemampuan berkomunikasi. Skill komunikasi yang dimaksud adalah skill untuk menyampaikan ide desain dan meyakinkan klien akan ide. Desainer akan berkomunikasi dengan klien tentang hasil desain. Melalui komunikasi, desainer juga dapat mengetahui ekspektasi dari klien tentang timeline and kualitas hasil karya. 

Skill Time Management

Dibutuhkan waktu untuk membuat sebuah produk desain. Skill time management sangat diperlukan melihat banyaknya tanggung jawab seorang desain grafis kepada beberapa klien dalam waktu yang bersamaan. Seorang desainer yang memiliki skill time management yang bagus akan menghasilkan kualitas karya yang maksimal, memiliki tingkat stress yang rendah, dan mengurangi burnout. 

Skill Problem-Solving

Beberapa desainer tidak memiliki skill problem solving yang baik. Mereka cenderung panik dan berakhir tidak dapat menyelesaikan masalah karena mereka terlalu fokus pada satu titik dan tidak dapat melihat gambaran yang lebih besar. Masalah yang dihadapi biasanya adalah tidak mendapatkan ide dan tidak bisa “thinking-out-of-box”. 

Skill problem solving diperlukan untuk melihat masalah secara objektif. Salah satu cara adalah dengan mempunyai mentor yang akan sangat membantu untuk bertukar pikiran dan mendapatkan perspektif baru.

Kesimpulan

Self development perlu dimiliki setiap orang yang ingin meningkatkan kualitas dirinya, termasuk di kalangan desainer grafis. Selain hardskill berupa penguasaan software desain, skill seperti komunikasi, time management, dan problem solving diperlukan untuk menunjang karir di bidang ini.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Yuk Mengenal Apa Itu Crypto (NFT)

Crypto (NFT) semakin terkenal belakangan ini. Yuk mengenal lebih dalam tentang mata uang digital untuk para kreator visual digital ini. Mata uang Crypto (NFT) terus