fbpx

Apakah Bertransaksi Melalui Kanal Pembayaran Online Paypal Menguntungkan?

Paypal sudah lama dikenal publik sebagai metode pembayaran online. Dengan layanan yang ditawarkan, apakah Paypal menguntungkan bagi Anda?

Apabila Anda bekerja sebagai freelance untuk klien-klien luar negeri, mungkin metode pembayaran online seperti PayPal sudah begitu akrab bagi Anda. Namun bagi Anda yang masih awam dengan hal ini, Anda perlu menyimak ulasan ini—terlebih jika Anda berminat untuk menggunakan PayPal untuk waktu yang cukup lama.

Pro-Kontra Metode Pembayaran Online PayPal

Sebagai salah satu kanal payment online yang sudah lama dikenal publik, tak heran jika PayPal punya jutaan pengguna di seluruh dunia. Apa saja kelebihan dari metode pembayaran ini?

1. Diterima secara internasional

Metode pembayaran yang didirikan pada 1998 ini dapat membantu Anda untuk melakukan transaksi tanpa batas-batas tertentu. Banyak marketplace luar negeri yang menjadikan PayPal sebagai metode pembayaran yang diterima dan valid, sebut saja Amazon, Etsy, atau eBay.

2. Mudah digunakan

Pengguna pemula sekalipun dapat mempelajari bagaimana menggunakan PayPal untuk melakukan pembayaran dan penerimaan uang secara online. Sebab, Anda hanya perlu menghubungkan alamat email dan kartu kredit Anda untuk menggunakan PayPal.

3. Zero-fee untuk transfer

Transfer dana menggunakan PayPal sama sekali tidak dipungut biaya. Jadi, Anda tak perlu khawatir saldo Anda makin berkurang setelah transfer.

4. Dapat diakses dengan menggunakan aplikasi mobile

Serupa dengan sistem mobile banking, PayPal juga punya aplikasinya sendiri. Dengan demikian, Anda dapat melakukan transaksi langsung dari ponsel Anda. Jadi lebih mudah, bukan?

Lalu, berikut ini adalah kelemahan PayPal sebagai metode pembayaran.

1. Rawan dibekukan

Jika karena satu atau dua hal PayPal mendeteksi adanya kegiatan yang mencurigakan, PayPal dapat sewaktu-waktu membekukan akun PayPal Anda. Tentu hal ini bisa cukup merepotkan—terlebih jika pembekuan akun tidak hanya berlangsung dalam hitungan jam.

2. Terima uang, tapi bayar?

PayPal mungkin tidak menarik sepeser pun dari Anda untuk transfer ke akun PayPal lain. Tetapi, jika Anda menerima uang dari seseorang, PayPal akan menarik sejumlah uang tertentu. Anda pun perlu mambayar sejumlah uang untuk menarik dana dari PayPal ke akun bank Anda.

Rawan phishing dan scam

Meski PayPal mengklaim bahwa platform pembayaran mereka aman, banyak pengguna PayPal terkena scam dan phishing (pencurian data pribadi). Oleh karena itu, pengguna wajib berhati-hati terhadap skema-skema penipuan yang mengarah pada dua tindakan ini.Jadi, apakah metode pembayaran online PayPal menguntungkan? Bisa ya, bisa tidak. Jika Anda tidak terganggu akan kekurangan PayPal yang disebutkan di atas, Anda bisa menggunakan PayPal untuk berbagai keperluan Anda.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Yuk Mengenal Apa Itu Crypto (NFT)

Crypto (NFT) semakin terkenal belakangan ini. Yuk mengenal lebih dalam tentang mata uang digital untuk para kreator visual digital ini. Mata uang Crypto (NFT) terus